Sabtu, 22 November 2008

Memahami Makna Bahasa Hewan Peliharaan


Kadang-kadang kita ingin tahu apa yang coba dikatakan hewan peliharaan lewat petunjuk-petunjuk visual yang diperlihatkan. Menurut Sue Ellen Browder dalam 101 Secrets a Cool Mom Knows, kita bisa memahami makna yang ditunjukkan hewan.

Berguling Di Lantai
Anjing yang berguling di lantai mengatakan,"Anda yang jadi bos" dan mengharap pujian ini akan membuat anda membelainya. Tapi maknanya beda untuk kucing. Menurut Bruce Fogle, DVM dalam buku The Cat's Mind, kucing yang berguling di lantai bisa mengatakan," Saya percaya kepadamu", tapi juga bisa berarti ,"Saya siap menyerangmu".

Bulu Berdiri
Pesan yang disampaikan anjing yang menegakkan bulunya adalah," Saya merasa terancam." Untuk kucing, makna dari sinyal ini adalah," Segera menyingkir dari hadapan saya sekarang."

Telinga Datar
Dalam bahasa anjing, telinga datar mengatakan," Saya takut." Tapi untuk kucing, telinga datar menandakan sedang bersiap-siap untuk berkelahi. Kucing melipat telinganya agar tidak tercakar.

Menguap
Kucing menguap karena rileks dan senang. Hal ini tidak berlaku untuk anjing. Riset menunjukkan, kebanyakan anjing menguap ketika sedang stress. Untuk membantu anjing peliharaan anda rileks, alihkan perhatiannya dengan mengajaknya bermain.

Mengibaskan Ekor
Anjing yang mengibaskan ekor tidak selalu menandakan senang. Jika anjing menegakkan ekornya tinggi-tinggi dan mengibaskannya, dia mengirimkan tanda peringatan agar segera menjauh. Ekor yang dikibaskan rendah dan lebar menandakan ia sedang gembira. Untuk kucing, ekor yang ditegakkan tinggi dan lurus ke atas menandakan," Saya senang melihat anda."

(sumber: Aura edisi 42/Th. XII/12-18 Nov 2008)



Tidak ada komentar: