Rabu, 31 Desember 2008

Empat Tipe Teman Yang Diperlukan Perempuan







Jika anda tak punya banyak waktu untuk berkumpul dan bergaul dengan banyak teman, coba dapatkan 4 tipe teman berikut:

1. Teman yang bisa dipercaya untuk pembicaraan rahasia
Mungkin dia tumbuh besar bersam anda, atau mungkin dia tinggal di kos atau asrama yang berseberangan dengan tempat tinggal anda ketika masih kuliah dan menjadi sahabat baik anda.

Pentingnya teman ini:
Dia adalah orang yang bisa anda datangi setiap kali anda mengalami masalah atau kesulitan. Kendatipun anda dan dia tidak bertemu secara teratur, anda akan mudah menghubunginya ketika tak ada orang yang menurut anda bisa mendengarkan anda, tulis Irene S. Levine, Ph.D. dalam blog persahabatan perempuan fracturedfriendships.com.

2. Teman yang lebih tua
Kemungkinan dia adalah rekan kerja yang lebih maju di tempat kerja, tetangga yang ankanya berumur 2 kali lebih tua dari umur anak anda, teman yang menikah lebih awal beberapa tahun dari anda. Dia adalah mentor dan sahabat.

Pentingnya teman ini:
Teman yang lebih tua beberapa tahun dari kita bisa memberi kita hadiah pengalamannya. Dengan mendengarkan kisah hidupnya, kita bisa mendapat petunjuk mengenai apa yang bisa kita harapkan di masa depan. Dalam persahabatan teman terbaik yang lebih tua, perbedaan umur sering lenyap dengan sedirinya.

3. Teman yang lebih muda
Teman yang beberapa tahun lebih muda dari anda sering mengingatkan anda ketika anda berada dalam tahapan hidup yang tidak banyak masalah.

Pentingnya teman ini:
Sering cemcerut, jengkel dan marah? Teman anda yang lebih muda bisa membangkitkan semangat anda. Menurut Levine, teman yang lebih muda memberikan energi, membantu kita merasa lebih baik dalam mengambil resiko dan mencoba hal-hal baru. Mereka juga orang-orang yang dapat memberi balik dengan menawarkan saran-saran, mengemukakan sudut pandang, dan memberikan bantuan.

4. Teman yang jadi Bunda
Dia mungkin tetangga yang mengambilkan surat-surat yang dilempar di halaman rumah anda, menjaga anak anda yang sakit ketika anda bekerja, atau ibu dari teman sekolah anak anda yang bekerja bersama anda menggarap proyek seperti bazaar dan lain-lain di sekolah anak anda.

Pentingnya teman ini:
Menurut Jen Singer Aren't So dalam You're a Good Mom (And Your Kids Bad Either), jauh lebih mudah pergi ke mall, mengunjungi taman hiburan atau taman bermain di dekat rumah dengan ibu yang bisa membantu anda.

(Sumber: Aura edisi 46/Th.XII/10-16 Des 2008)

Tidak ada komentar: